Obyek Wisata Petilasan Hayam Wuruk Di Daerah Mojokerto

Petilasan Hayam Wuruk

Berlokasi di Desa Panggih, Kecamatan Trowulan. Dapat ditempuh dalam perjalanan ke Yoni di Klinterejo apabila lewat Trowulan. Dari Trowulan jaraknya 5 km. Info menarik ini dipersembahkan oleh Link Alternatif Maxbet.

Penjelasan Petilasan Hayam Wuruk

Petilasan “Hayam Wuruk” sebenarnya adalah obyek baru yang dibangun sekitar tahun 1965 – 1966. Sebagai petilasan, sementara belum ditemukan benda-benda yang bernilai arkeologis. Menurut informasi sewaktu diadakan penggalian di lokasi ditemukan struktur bangunan dari bahan bata merah. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut di masa-masa yang akan datang apabila diduga ada indikasi kekunaan.

Beberapa petunjuk apabila Anda menemukan benda-benda purbakala yaitu :

Bila bendanya kecil (benda bergerak) dan ditemukan dalam penggalian maka selamatkan dahulu bendanya, penggalian di lokasi temuan jangan dilanjutkan.

Biarkan benda dalam bentuk dan keadaan aslinya seperti sewaktu ditemukan, jangna dibersihkan. Hal untuk memudahkan para ahli yang akan meneliti.

Bila berupa bangunan (tidak bergerak) setelah diberi tanda di lokasi temuan kemudian ditimbuni kembali dengan tanah.

Segera laporkan temuan Anda kepada pihak yang berwajib atau langsung ke Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Jatim dengan alamat Jln. Raya Trowulan, di Trowulan, Mojokerto.

Percayalah jerih-payah Anda tidak akan sia-sia, pemerintah akan memberikan imbalan jasa yang layak.

Semoga artikel di atas dapat menambah wawasan Anda dalam berwisata di daerah Mojokerto. [kongs]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *